Heboh !! Penemuan Keramat Keris Raksasa Disungai Kapuas

12 Mar

Dua orang penyelam tradisional temukan keris dan kacip (pengupas/pemotong buah pinang) raksasa sepanjang 1,5 meter disungai Kapuas, tepatnya di bawah jembatan Pulau Telo, Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas.

Warga Kelurahan Murung Keramat, pada Kamis (9/7) lalu, digegerkan dengan penemuan keris dan kacip atau pisau pembelah buah pinang raksasa oleh dua orang penyelam tradisional yakni Wawan (21) dan Yanto (28) warga RT 2 berbentuk keris itu memiliki ukiran-ukiran unik di pangkalnya, namun gagang keris tersebut tidak ada. Demikian juga dengan kacip, bagian ujungnya berbentuk menyerupai burung tingang ciri khas Dayak Kalteng.

Inilah Wujud Keris Pusaka Yang Menghebohkan Tersebut

Menurut Wawan sang penemu benda keramat tersebut, terdapat beberapa kejanggalan ketika para pengunjung ada yang berani menyentuh keris tersebut, tangan mereka seperti kaku ketika menyentuh besi-besi yang diperkirakan telah berumur 300 tahun lamanya. Karena itu, Wawan pun belum berminat untuk menjual keris dan kacip raksasa hasil temuannya itu. “Yang ingin membeli sih banyak, cuma saya tak berniat menjualnya dulu, karena saya belum mendapatkan petunjuk, baik dari mimpi maupun bisikan gaib,” katanya….

Wujud Temuan Yang Masih Mencerminkan Aroma Mistis Yang kental

Ada Hubungan dengan Sejarah Kerajaan Batagu

Kesimpulan sementara, senjata tradisional khas Indonesia itu berkaitan dengan Kerajaan Bataguh yang diyakini pernah berdiri di Kapuas. ”Saat itu, Kerajaan Bataguh dipimpin Nyai Undang,” ungkap Manli, salah seorang tokoh adat Dayak. Bentuknya memang bukan senjata khas warga Dayak, Kalimantan Tengah.

Diperkirakan, senjata tersebut ikut tenggelam bersama kapal yang bisa jadi menyerang Kerajaan Bataguh. Peperangan itu diperkirakan terjadi sekitar 1400 Masehi. ”Kerajaan Bataguh mempunyai luasan yang besar di Kapuas, dan Pulau Telo adalah salah satunya,” ujar Manli.

Dia menjelaskan, sebelumnya juga pernah ditemukan meriam di Sungai Kapuas dan tidak jauh dari Pulau Telo. Tepatnya di Mandomai, Kecamatan Kapuas Barat. Temuan tersebut memperkuat analisis sejarah tentang adanya peperangan Kerajaan Bataguh dengan orang asing.

Sang Penemu Keris

Di ujung keris raksasa yang ditemukan itu terdapat tujuh lubang. Konon, lubang tersebut menunjukkan bahwa keris itu sudah memakan nyawa orang. ”Seperti halnya senjata khas Dayak mandau, apabila terdapat lubang di ujungnya, itu menandakan bahwa senjata tersebut pernah menghilangkan nyawa seseorang,” ujarnya.

Ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Kapuas Anggie Ruhan menyatakan hal yang sama. Dia juga menduga adanya kaitan antara keris tersebut dan Kerajaan Bataguh. Kedua benda itu diperkirakan berumur 300 tahun lebih.

Dikatakan, penemu benda itu disebut ”ketuahan” (keberuntungan) dalam bahasa Dayak karena tidak semua orang bisa mendapatkan. ”Benda tersebut mempunyai daya magis. Biasanya sang penemu Keris merupakan orang terpilih,” katanya.

19 Tanggapan to “Heboh !! Penemuan Keramat Keris Raksasa Disungai Kapuas”

  1. BULENTIN 12 Maret 2010 pada 8:57 pm #

    Waw,,,hebat! Bisa jd melioner tuch orang!

  2. aaa 12 Maret 2010 pada 9:18 pm #

    suck

  3. masgepeng 12 Maret 2010 pada 10:00 pm #

    Mantapp tuh keriss…

  4. Shifa 13 Maret 2010 pada 8:59 am #

    Boleh dibawa ga sm Aku?? Buat penglaris usaha….hehe…

  5. vest 13 Maret 2010 pada 9:57 am #

    keris ini memiliki khodam panglima perang,keris tersebut terdapat kerajaan (perkampungan) gaib didlmnya,tp istilah tepatnya berhubungan dgn salah satu kerajaan/perkampungab gaib,biasanya jika berjodoh dan dirawat baik2,kekuatan dari alam gaib tersebut bisa didapatkan keorg yg memiliki dan merawatnya,keris ini dulunya dipakai utk pertahanan/perang,tapi fungsi kekuatan gaib dari kerajaan gaib tersebut bukan hanya utk pertahanan,bisa utk kharisma,dagang,pengasihan,dll.sifat gaib dari keris ini tidak negatif,utk benda satunya lg (kacip) didlmnya dihunni oleh gaib seorg nenek dgn tongkat agak bongkok,beserta anak buahnya,gaib ini (nenek) memiliki aura negatif,jadi yg mau memiliki benda ini harus berhati bersih,kalau tidak bersih pikirannya/hatinya bisa membawa petaka terhadap org lain.karena gaib ini paling suka diperintah utk hal negatif.

    • Admin 13 Maret 2010 pada 10:43 am #

      @Vest> Terimakasih Utk tambahan Infonya yaa…

      Sallam’
      Rajwa

    • dul 18 Desember 2011 pada 2:21 pm #

      hmm mudah2an di pergukanan untuk yang baik2 saja, dan mudah2an yang menemukannya bisa amanah, amiin. walla hu alam.

  6. riski 14 Maret 2010 pada 9:18 am #

    psti SAKTI tuh keris……….

  7. Rental Projector Murah 15 Maret 2010 pada 10:28 am #

    Itu keris punya empu gandring kaliiii,,,,,

  8. badboyz 16 Maret 2010 pada 4:09 pm #

    Hmmm…percaya ga percaya tp ini nyata,,,udahlah msukin museum daerah sanah ajah,buat plajaran para plajar klo di daerah mreka dlunya ada krajaan yg hebat

  9. mas sukin donk 17 Maret 2010 pada 6:44 pm #

    mnrut q jgn di simpan tu keris
    krn bisa membahayakn penemuny atw org laen
    musnah kn atw kembalikn ke dasar laut adlah solusi tepat.

  10. adiet 6 Februari 2011 pada 3:54 am #

    seperti kerisnya mbah S_?._?._?._?

  11. ino 9 Januari 2012 pada 12:51 am #

    hemm keren!

  12. Helmy k 11 Juni 2012 pada 7:03 am #

    Ituh hanyalah koNtoL

  13. Benda Bertuah 28 Juni 2012 pada 11:44 pm #

    Wah panjang sekali keris nya,pasti susah di dapat mas. . .koleksi luarbiasa!

  14. 4D16_oke 9 September 2012 pada 7:27 am #

    yg pasti ini harus dilestarikan dan dirawat dg baik krn merupakan bukti jejak sejarah bangsa kita dimasa silam. Ternyata banyak ya sejarah bangsa Indonesia yg kita belum ketahui….

  15. OLlux Ozil 4 Januari 2013 pada 7:53 am #

    Ah itu mgkn hnya buatan org skrg lalu dibuang kesungai dan daya magic itu hanya akal akalan org sj supaya bsa menarik perhatian dri publik

  16. tarjo 12 Oktober 2013 pada 9:20 pm #

    itu keris emang sengaja di buang sama yang punya, mungkin sudah tidak mau merawat itu keris,impormasi ini didapat atas pengakuan pembantu pemilik keris tsb sekarang sudah berhenti.
    kebetulan saya bertetangga dengan pemilik keris tsb yang mana pemilik keris tsb adalah seorang pejabat di tempat nya.
    sebelum keris tsb di temukan sang pembantunya sering diminta berbagai macam sesajen namun setelah keris tsb ditemukan para penyelam saya tidak pernah lagi melihat sang pembantu tsb membeli sesajen.

    • Ifnu tiawarman 13 April 2016 pada 11:57 pm #

      Tarjo koplak..banyak makan semir,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: